Kelinci Jersey Wooly

Jersey Wooly

Kelinci Jersey Wooly merupakan kelinci domestik dengan berat sekitar 1,3 Kg mempunyai kepala tebal dan bulu wool yang mudah dirawat.

Kelinci ini populer karena sifat penurut dengan disposisi lembut.
Sumber : Rabbit Breeders

Sejarah

Jersey Wooley pertama kali diperkenalkan oleh Bonnie Seeley dari High Bridge, New Jersey pada tahun 1984 kepada American Rabbit Breeders Association (ARBA) di konversi Orlando, Florida.

Hal itu diakui ARBA pada tahun 1988. Saat ini Jersey Wooly adalah salah satu kelinci yang paling banyak dipamerkan pada pameran lokal dan nasional di Amerika Serikat. Mereka juga terkenal sebagai peliharaan yang jinak.

Jersey Wooley dikembangkan dengan menyilangkan Netherland Dwarf dengan French Anggora. Hasil silang ini menghasilkan kelinci kecil dilapisi bulu wool.

Jersey Wooley masih mempertahankan bentuk tubuh persegi panjang dari French Anggora dan dibuat lebih kecil dari pengaruh gen dwarf.


Penampilan

Kelinci dewasa Jersey Wooly dengan penuh bulu bisa mencapai berat hingga 1 - 1,5 Kg yang bisa dikatakan berat ideal.

Jersey Wooly memiliki tipe tubuh yang kompak, telinga kecil dan tegak berdiri dengan panjang sekitar 2 ½ inci. Jika kelinci ini ingin dipamerkan, panjang maksimal yang diperbolehkan adalah 3 inci menurut pada ARBA Standart of Perfection.

Kelinci Jersey Wooly memiliki berbagai warna yang dikelompokan dalam 5 kategori untuk pertujukan yaitu Agouti, Self, Shaded, Tan Pattern, dan (AOV) Any Other Variety/Variasi Lainya.


Referensi

  1. Wikipedia, "Jersey Wooly", https://en.wikipedia.org diakses tanggal 30 Juli 2016.
  2. Rabbit Breeders, "Jersey Wooly Rabbit", http://rabbitbreeders.us/ diakses tanggal 30 Juli 2016.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »