Kelinci Netherland Dwarf

Netherland Dwarf

Netherland Dwarf merupakan kelinci yang berkembang biak dari kelinci domestik (Oryctolagus Cuniculus) yang berasal dari Belanda.

Kelinci ini memiliki tubuh yang kecil dari pada keturunan kelinci lainya, kelinci Netherland Dwarf memiliki bobot badan sekitar 500 g hingga 1,13 Kg.

Kelinci Netherland Dwarf biasanya dijadikan hewan peliharaan atau binatang pameran. Kelinci ini biasanya tidak dijadikan sumber daging atau bulu karena ukurannya yang kecil.

Sumber : Lindsay M

Sejarah

Pada awalnya kelinci ini dikembangkan di Belanda di awal abad ke-20. Merupakan persilangan kelinci Polandia dengan kelinci-kelinci liar yang ada di Belanda pada saat itu.

Setelah beberapa generasi hewan yang dihasikan adalah kelinci domestik yang sangat kecil yang tersedia dalam berbagai macam pola dan warna.

Netherland Dwarf pertama kali di impor ke Inggris pada tahun 1948, dan pada sekitar tahun 1960 hingga 1970-an Amerika Serikat mengimpor kelinci Netherland Dwarf pertamanya. Kelinci ini diterima dan dikembangbiakan oleh American Rabbit Breeders' Association pada tahun 1969 menggunakan modifikasi standar Inggris.

Sebelumnya pada tahun 1970 hingga 1980-an kelinci ini memiliki tempramen takut dan kadang-kadang agresif. Ini merupakan hasil dari kembang biak peternak yang memilih kelinci liar untuk ukuran Netherland Dwarf.

Namun dalam beberapa generasi dalam pembiakan yang selektif, Netherland Dwarf modern menjadi kelinci yang lebih ramah dan lembut. Meskipun masih dapat mempertahankan disposisi yang lebih energik dari jenis yang lebih besar.


Ciri-ciri Kelinci Netherland Dwarf

  • Jenis kelinci kecil
  • Bentuk tubuh commercial, Kepala dan matanya terlihat tidak proposional dengan tubuhnya (Karena Genetik Dwarfisme), telinga kecil, serta memiliki wajah yang bulat dan pendek.
  • Memiliki bobot badan sekitar 500 g - 1,13 Kg.
Netherland Dwarf memiliki beberapa variasi warna yaitu Himalaya, Hitam, Biru, Coklat, Lilac, Smoke Pearl, Sable Point, Tortoiseshell, Chestnut, Siamase Sable, Opal, Lynx, Squirrel, Chinchilla, Otter, Tan, Silver Marten, Sable Marten, Smoke Pearl Marten, Bley, Orange, Fawn, Steel, Broken, Blue-Eyed White dan Ruby Eyed White. 

Selain dari warna tersebut kelinci Netherland Dwarf dikategorikan sebagai mismarks, bila masuk kontes kelinci Netherland Dwarf.

Referensi

  1. Wikipedia, "Netherland Dwarf rabbit", https://en.wikipedia.org diakses tanggal 25 Juli 2016.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »